Produk Bisnis Online Shop Tidak Laku? Inilah Penyebab Utamanya

toko online tidak laku

Saat Anda dihadapkan pada persoalan bisnis pastinya harus mendalami teori terlebih dahulu. Ibarat anak sekolah Anda perlu belajar layaknya seorang sarjana ekonomi bisnis.

Namun, semua itu kembali kepada kepribadian masing-masing. Belum tentu orang yang berpendidikan tinggi akan mendapatkan bisnis yang layak dan maju terus.

Hal ini juga dirasakan ketika Anda menjalankan sebuah bisnis online. Ada saatnya usaha dagang Anda laku keras, tetapi pada posisi tertentu toko online Anda sepi pelangggan.

Lantas, apa yang akan dilakukan dan adakah penyebabnya?

Karena itulah, banyak hal yang harus dipelajari saat memulai bisnis lantaran target utama berbisnis ialah konsumen.

Maka ketahuilah penyebab bisnis online shop anda tidak laku.

1. Kurang Diminati Konsumen

Semestinya Anda sebagai pebisnis online harus menjalankan survey untuk memilih barang atau jasa yang Anda jual kepada konsumen.

Apabila produk Anda jarang diminati konsumen yang membuat lapak online tidak laku, maka gantilah jenis barang saat dijual.

Bisa jadi produk Anda tidak bagus atau kualitasnya jelek. Sebaiknya jual barang yang merupakan kebutuhan sehari-hari atau barang yang sedang trendy.

2. Promosi Terlalu Pasif

Bagaimana jika pengunjung toko online Anda sepi?

Jelas saja penyebabnya adalah kurangnya promosi. Padahal melakukan promosi merupakan syarat dalam berbisnis baik offline maupun online.

Ada baiknya juga mempromosikan lapak online Anda bukan hanya di website saja, melainkan juga membagikannya ke jejaring sosial seperti facebook atau instagram. Hal ini bertujuan agar produk Anda lebih dikenal secara luas.

3. Buruknya Pelayanan

Inilah kelemahan online shop Anda yang senantiasa menomorduakan pelayanan terhadap konsumen.

Jika Anda kerap menanggapi calon pembeli semena-mena sudah dipastikan pelanggan akan kabur.

Jadi, menjaga keramah tamahan dalam berkomunikasi dua arah bersama pelanggan haruslah mutlak.

Dengan demikian, semakin Anda ramah maka secara tidak langsung pelanggan juga menyukai produk yang dijual. Namun bila sebaliknya pelanggan malas untuk membeli barang Anda.

4. Tidak Up To Date

Apa salahnya jika lapak online Anda harus selalu diperbaharui setiap saat. Artinya anda juga mesti aktif dalam mengupdate produk yang Anda jual.

Alangkah baiknya jika sesekali Anda berinteraksi dengan para pembeli sehingga dianggap aktif oleh mereka.

Kemungkinan besar bila toko online anda tidak laku karena kurangnya kegiatan untuk up date barang dagangan, dimana berpengaruh pada pengunjung di akun online Anda tak banyak

5. Harga Terlampaui Mahal

Apapun penyebabnya bisa jadi toko online Anda hampir bangkrut, lantaran harga yang bermasalah karena terlampaui mahal.

Barang dan jasa yang ditawarkan sebaiknya menyamakan dengan harga pasar.

Jadi, Anda harus memeriksa terlebih dahulu yang ada di pasaran untuk menentukan harga yang akan dijual kepada konsumen. Selain itu, Anda juga perlu melihat harga yang dilepaskan oleh pesaing produk Anda.

Setelah Anda mengetahui mengapa produk yang dijual pada bisnis online shop tidak laku, maka mulai sekarang ubahlah sistematika dan prosedur dalam berbisnis online.