Tips Memasarkan Produk Melalui Media Sosial

hubungan baik melalui sosial media

Saat ini jejaring sosial bukan hanya sebagai ajang mencari teman dan berbagi cerita saja, melainkan sudah menjadi ladang bisnis untuk mendapatkan pundi-pundi rupiah.

Siapa sangka seorang pebisnis online mampu merauk keuntungan yang sangat besar hanya bermodalkan internet semata?

Dengan kata lain bisnis online hanya butuh laptop dan kuota data internet.

Media sosial seperti facebook atau instagram merupakan media yang bisa menghubungkan antara orang yang satu dengan lainya.

Sudah dipastikan akan mempengaruhi target pemasaran dari penjualan produk kita nantinya.

Namun, kita membutuhkan strategi yang tepat dalam melakukan pemasaran produk.

Ada beberapa etika dalam berbisnis online yang perlu diketahui, terutama bagi para pemula.

1. Membatasi Pembicaraan Produk

Meskipun posisi kita adalah seorang penjual online, namun jangan sampai berbicara secara terus menerus tentang produk atau brand yang sedang kita promosikan.

Misalnya jika kita menjual produk kecantikan seperti make up atau lotion, dimana saat mempromosikan janganlah membicarakan tentang harga dari produk kecantikan tersebut ataupun kualitas brand kita sendiri.

Ada baiknya untuk memperhalus topik dengan tips memilih produk kecantikan atau manfaat produk jika dipakai manusia.

2. Membagikan Berita Terbaru

Saat kita menjadi admin dalam penjualan produk secara online ada kalanya kita memberikan berita terbaru dan teraktual.

Kita hanya perlu mempromosikan produk dengan menyisipkan tips bagaimana manajemen suatu produk tersebut. Dengan demikian diharapkan dapat memperkaya pengetahuan bagi para pembaca.

Secara tidak langsung kita sudah memasarkan produk kepada konsumen. Kita juga bisa membagikan info promosi sekaligus materi yang berbau motivasi.

3. Membedakan Promosi dan Sosialisasi

Pahami poin yang membedakan antara promosi dan sosialisasi, sehingga tidak membutuhkan target pasar dengan konsep keberagaman mengenai brand atau merek.

Setidaknya lakukan pemasaran secara smoothly atau luwes tanpa harus meninggalkan efektifitas tertentu.

Agar lebih menarik kita bisa memberikan gambar, video, serta kata-kata menarik pada penjualan produk.

Dengan begitu, konsumen akan merasa nyaman dan senang melihat media sosial produk kita.

4. Menjalin Komunikasi Efektif

Memberikan postingan di akun media sosial tentang produk kita memang wajib dilakukan setiap hari.

Namun selalu ingat untuk memposting dan mengenalkan produk kita secara positif.

Hal ini akan mempengaruhi orang-orang di sekitarnya agar menanggapi secara positif pula.

Kita juga bisa melakukan wall post secara internal agar publik mengerti akan produk bisnis yang sedang kita jalankan.

Dengan demikian, hubungan yang baik dengan teman dan konsumen di media sosial dapat terjalin 

5. Memberikan Respon Komentar Positif

Saat kita masuk ke media sosial dengan produk yang sedang dipromosikan, jangan lupa untuk menanggapi komentar calon konsumen dengan respon yang positif.

Pasalnya jika terdapat komentar yang bernada negatif akan menciptakan kesan kejelekan dari produk yang kita jual.

Karena itulah menanggapi komentar dengan baik wajib kita berikan kepada siapa saja yang berada di sosial media.

Tanggapilah sebuah komentar yang bersifat pujian dengan humble dan yang buruk dengan memberikan penjelasan secara detail.